Putin Tak Disuntik Vaksin Sputnik V karena Faktor Umur

Putin Tak Disuntik Vaksin Sputnik V karena Faktor Umur – Presiden Rusia, Vladimir Putin, memperlihatkan dia tidak bakal menekuni vaksinasi virus corona (Covid-19) mengfungsikan vaksin Sputnik V karena aspek usia.

Putin Tak Disuntik Vaksin Sputnik V karena Faktor Umur

putin-tak-disuntik-vaksin-sputnik-v-karena-faktor-umur

Dalam jumpa pers di Novo-Ogaryov, Novosibirsk, Kamis (17/12), Putin memperlihatkan bersedia laksanakan vaksinasi kecuali dinyatakan aman. Sebab, pas ini dia berusia 68 tahun, dan tidak terhitung didalam golongan penduduk yang diutamakan menekuni vaksinasi.

“Vaksin bakal tersedia bagi para penduduk bersama umur tertentu. Vaksin itu tidak sesuai untuk orang (dengan umur) seperti saya,” kata Putin, seperti dilansir Associated Press.

“Saya adalah warga negara yang taat hukum dan saya mendengarkan saran dari para spesialis. Itulah makanya saya belum bisa, menurut spesialis, disuntik vaksin ini. Namun, saya bakal melakukannya kecuali memungkinkan,” ujar Putin.

Vaksin Sputnik V pas ini belum selesai menekuni uji klinis yang melibatkan 10 ribu relawan.

Vaksin itu terhitung diutamakan untuk penduduk berusia 18 sampai 60 th. yang tidak membawa penyakit kronis. Ibu hamil dan menyusui terhitung dilarang menekuni vaksinasi Sputnik V.

Pemerintah Rusia memuji-muji peluncuran vaksin Sputnik V yang disahkan penggunaannya pada 11 Agustus lalu. Akan tetapi, reaksi rakyat Rusia menanggapi vaksin itu pun beragam.

Bahkan di antara para penduduk tersedia yang meragukan kemanjuran vaksin itu, yang dinilai dibuat bersama tergesa-gesa.

Apalagi sampai pas ini vaksin itu belum selesai menekuni masa uji klinis untuk memastikan efektivitas dan keamanannya.

Sejumlah pakar kesegaran di didalam dan luar negeri tidak merekomendasikan pemanfaatan vaksin itu sampai hasil studinya terlalu selesai.

Di sisi lain, Putin meyatakan pemerintah bakal meningkatkan kapasitas mengolah untuk bisa menghasilkan jutaan dosis, dan agar vaksin Sputnik V bakal diluncurkan dan tersedia pada pergantian tahun.

“Untuk mengolah vaksin ini kita perlu pabrik khusus, perusahaan dan peralatan. Kapasitasnya bakal ditingkatkan. Jika sepenuhnya terpenuhi, maka pada awal th. depan kita bakal membawa jutaan dosis vaksin dan bakal konsisten bertambah,” lanjut Putin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *