Lockheed Martin Bantu Jepang Bangun Jet Tempur Siluman Baru

Lockheed Martin Bantu Jepang Bangun Jet Tempur Siluman Baru – Lockheed Martin Corp akan menopang Jepang membangun pesawat tempur siluman baru yang diinginkan angkatan udaranya terhadap pertengahan 2030-an.

Lockheed Martin Bantu Jepang Bangun Jet Tempur Siluman Baru

Lockheed Martin Bantu Jepang Bangun Jet Tempur Siluman Baru

Jepang berharap bisa mengimbangi kemajuan teknologi pesawat yang dibuat oleh negara tetangga China. Lockheed Martin Corp merupakan pembuat jet tempur F-35.

“Lockheed akan bermitra bersama dengan pemimpin proyek Mitsubishi Heavy Industries (MHI),” ungkap Kementerian Pertahanan (Kemhan) Jepang di dalam siaran pers

Kemhan Jepang mereformasi kemitraan yang mengembangkan jet tempur paling akhir Jepang, F-2, tiga dekade lalu.

“Untuk menegaskan interoperabilitas bersama dengan Amerika Serikat, kami akan mengawali proyek ini bersama merasa th. depan,” papar Kemhan Jepang.

Pesawat tempur baru, yang dikenal sebagai F-3 atau F-X dan diperkirakan menelan cost kurang lebih USD40 miliar, akan menukar F-2.

Lockheed sudah mengusulkan desain hybrid berdasarkan jet F-35 dan F-22-nya, tapi Jepang menolaknya demi desain yang dikembangkan sendiri.

Perusahaan asing lain yang sudah tunjukkan minatnya berpartisipasi di dalam pengembangan F-3 adalah pembuat F-18 Super Hornet yakni Boeing Co dan Northrop Grumman Corp dari Amerika Serikat, dan juga BAE Systems Plc dari Inggris dan pembuat mesin Rolls-Royce Holdings Plc.

Jepang menjelaskan akan terus melacak kerja serupa untuk F-3 bersama dengan Inggris dan Amerika Serikat untuk mendapatkan akses ke teknologi dan menopang turunkan cost pengembangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *