iran-tolak-impor-vaksin-corona-as-dan-inggris

Iran Tolak Impor Vaksin Corona AS dan Inggris

Iran Tolak Impor Vaksin Corona AS dan Inggris – Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatullah Ali Khamenei, melarang negaranya mengimpor vaksin virus corona (Covid-19) buatan perusahaan farmasi Amerika Serikat dan Inggris.

Iran Tolak Impor Vaksin Corona AS dan Inggris

iran-tolak-impor-vaksin-corona-as-dan-inggris

biciusata.com – “Dilarang mengimpor vaksin buatan Amerika Serikat dan Inggris,” cuit Khamenei melalui akun Twitter, layaknya dilansir AFP, Sabtu (9/1).

“Sepertinya mereka secara tidak langsung memang senang mencemari negara lain,” lanjut Khamenei.

Khamenei sesudah itu melanjutkan, berasal dari pengalaman negaranya tentang skandal pasokan darah yang memiliki kandungan virus HIV berasal dari Prancis, dia juga perlihatkan tidak percaya dengan vaksin berasal dari negara itu.

Peristiwa itu berjalan pada 1980-an. Saat itu tersedia pasokan darah yang tercemar mgslotonline virus HIV beredar di Prancis dan juga dikirim ke negara lain. Padahal pas ini pemerintah Prancis telah jelas perihal itu.

Akibatnya, ratusan orang di Iran yang menerima transfusi darah berasal dari Prancis tertular virus HIV.

Mantan Perdana Menteri Prancis, Laurent Fabius, sesudah itu dijerat dan jadi tersangka pembunuhan tidak disengaja. Namun, dia diampuni pada 1999.

Sementara menteri kesegaran Prancis pas itu sempat divonis bersalah, namun tidak pernah menekuni hukuman.

Pada Desember 2020, Iran menggelar uji klinis vaksin buatan didalam negeri.

Iran perlihatkan ada masalah membeli vaksin corona akibat sanksi ekonomi yang diberikan Amerika Serikat. Walau sanksi itu tidak berlaku bagi obat-obatan dan makanan, namun sejumlah bank dunia menolak menopang pengiriman duwit berasal dari Iran untuk membeli vaksin karena ngeri dijatuhi sanksi oleh AS.

Presiden Iran, Hassan Rouhani, para Desember selanjutnya perlihatkan AS berharap supaya pembayaran pembelian vaksin corona dikerjakan melalui bank Negeri Paman Sam. Namun, dia kuatir duwit itu bakal disita.

Saat ini Iran mencatat lebih berasal dari 1.2 juta kasus Covid-19, dengan 56 ribu pasien meninggal.

Mereka jadi negara di Timur Tengah yang paling gawat terdampak Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *